Nasib negara komunis pertama di dunia – Mengapa Uni Soviet Runtuh?

Nasib negara komunis pertama di dunia – Mengapa Uni Soviet Runtuh?


The term of “communism” is endless if you speak about it in Indonesia, starting, from the the rise of PKI (a communist party) issues, posters about PKI, and so on. Even though they often talk about “communists”, we (the Indonesian) may rarely hear about the “Soviet Union”. besides his heroic stories in World War 2. The Soviet Union was the first communist country, which has emerged as a superpower, after the end of World War 2. As the “heir” of the Russian Empire, The Soviet Union managed to expand its territory all the way to Central Europe, through various satellite countries that might be better known with the term of “Warsaw Pact”. The Soviet Union is very famous in their progress on the field of technology & military, especially regarding rocket technology. Thanks to its progress in this field, The Soviet Union was able to send the first human, Yuri Gagarin into the space & return safely to earth, complete with a promotional poster entitled “I Don’t See God in there”. In addition, the Soviet Union was also very prominent in the field of sport, he often won by acquisition the most medals at the Olympics. But with all its achievements, how is that possible the country was collapse? Want to know? Before that, please subcribe first😉 The collapse of the Soviet Union was very closely related with 2 policies taken by its last leader, Mikhail Gorbachev 2 of these policies are glasnost & perestroika which he believes to be the reason why can a western country be more advanced than its country. Glasnost (openness) this policy is giving guarantee to do political freedom & opinion for the community. Through this policy, the media in the Soviet Union become more free, in telling some problem & the actual condition of the country. While perestroika (restructuring) is a policy that aims to change the economic system of the Soviet Union, from a guided economy to become a market economy (or at least … mixed …). Maybe you want ask? How could a country with mass media be completely censored & the economic system is so guided, but the leader can take such a drastic policy? What causes it? Many consider Mikhail Gorbachev, as the main actor who caused the collapse of the Soviet Union. Even if the words aren’t entirely wrong, but there are other things that we must discuss first, “Who is Gorbachev, is he an accomplished person / someone who only relies on connections?” “What is the state of the Soviet Union when he was elected as a leader?” and of course .. “Why did he take the policy?” These questions, will help us in seeing the big picture, from the fall of the Soviet Union. By learn it, we certainly can take the wisdom, to be applied in our lives. Mikhail Gorbachev is not a stupid leader, since his youth he was a talented & broad-minded person. At just 16 years old, the collective agriculture that he manages managed to exceed the target that requested by the state, for that achievement he got an award. After graduating from high school with brilliant score, he got a scholarship at Moscow University. Thanks to its achievements in agriculture, Gorbachev is increasingly trusted by the government, so that both the connection and his career increasing rapidly. Even so, when he served as leader of the Soviet Union, he saw how his country was so left behind, when compared to western countries. For him, this is not released from the existence of corruption & various wrong policies of previous leaders, like making military intervention in Afghanistan, and military programs which is very draining the state budget. These policies made the Soviet Union failed to use their budget maximally, As a result, the conditions of the Soviet economy were increasingly left behind with western countries. Gorbachev saw this condition, can only be improved by introducing policies revolutionary. Therefore, as a very insightful person, he decided to take 2 policies, Glasnost (openness) & Perestroika (restructuring). The Perestroika (restructuring) program is actually not a new policy, when the new Soviet Union was established, the founder Vladmir Lenin had stressed the guided economy. However, when he saw that his country’s economy had actually decreased, he replaced it with a mixed economic system. After his death, the Soviet leadership fell to Joseph Stalin, he immediately replaced the system, back to a guided economic system. The system continued until Gorbachev, elected as a leader of the Soviet Union. This is what might have inspired Gorbachev in taking a new policy. With media openness (Glasnost), he believed he could force the governments of the Soviet Union, to work better, more efficient, while reducing the level of corruption. they who work well will be appreciated by the media, while those who don’t work well or even doing corruption, will be punished with the media, before being punished with applicable law. Even so, there seems to be a price to pay in carrying out these policies “people’s trust” currency is very important for every government. This is even made worse by incidents “Chernobyl disaster”, which is a worst nuclear reactor accident in human history. The inability of the Soviet Union to prevent the incident as well as slow handling, make the name of the Soviet Union smudged both domestically and internationally. But how should Gorbachev overcome it? Do you have to cross out the disclosure program (Glasnost)? Gorbachev may feel this is a test for the “sincerity” of his government in carrying out their policies he believes “modernization” does require a process to achieve it. He remembers how the Russian leader, known as “Peter the Great” managed to bring modernization to Russia, and catching up from the west. The deteriorating state of the Soviet economy, forced him to cut the budget which is not too important / needed. from the various fields available, Gorbachev was chosen the military, KGB (Soviet intelligence service), and subsidies for the Warsaw pact country. Therefore, we can see how after his leadership, The Soviets began to reduce the number of nuclear weapons and their infrastructure. Even if it sounds beautiful & teaches peace, basically the policy is only a part from cutting military budgets especially in the field of arms races with western countries, which is very wasteful of the Soviet budget. after that Gorbachev went even further, by giving wider freedom for the Soviet Union satellite countries, similar to the regional autonomy policy in Indonesia. This autonomy / non-intervention policy which ultimately results the collapse of the Berlin wall. His decision not to intervene in the “The collapse of the Berlin wall”, event even though there are 300 thousand Soviet troops placed in East Germany prove its position, although this incident is certainly very burdensome. Gorbachev must have meant well, in carrying out various policies & reforms for the Soviet Union. But on December 25, 1991, all the decisions he took actually brought the Soviet Union country of birth collapsed, after 74 years of standing What do you think about it? Is he a hero? or a big traitor from his country? But before you comment, we want to tell how similar events, as if “had been experienced” by Indonesia namely in 1999, when Timor Timur choose to seperate themself from Indonesia. At that time Indonesian Gorbachev, President Habibie with a heavy heart, “agree” Timor Timur is independent from Indonesia. The policy that he took, seemed to make Indonesia “Mocked” in the international community. By stating that Indonesia is only good at speak “Independence is the right of all nations …” even though they themselves “colonize” other nations & countries. But for us, non-intervention decisions taken by President Habibie’s government, especially after the referendum took place, instead, it shows how Indonesia is “trying” to carry out the mandate in the 1945 Constitution, that state “That actually independence is the right of all nations and therefore colonization over the world must be abolished because it is not appropriate with humanity and fairy justice. ” So what do you think, for all this incident? We really want to see your comments in the comments section 😊

100 Comments on "Nasib negara komunis pertama di dunia – Mengapa Uni Soviet Runtuh?"


  1. Setau saya sih, Komunisme berangkat dari Sosialisme dan Marxisme Karl Marx. Kalo sosialisme hanya sekedar teori, sedangkan Komunis adalah sosialisme yang terimplementasi (dipraktekkan), terutama dalam bentuk ideologi dan struktur Negara-Bangsa.

    Kalo dalam negara ideologi komunis, sosialisme sudah berkembang. Ideologi komunis juga sudah bercampur dgn ciri khas lainnya. Contohnya, biasanya monopartai (partainya cuma satu-satunya di negara tsb), dan pemimpin yang memimpin cenderung otokratif dan memimpin di periode yang lama serta sampai batas waktu tidak ditentukan (sampai mati).

    Perlu dibedain juga, negara ideologi komunis dan partai komunis.

    Kalo negara ideologi komunis itu seperti vietnam, china dan kuba, tentu saja berpartai komunis. Dalam negara, Gak ada partai lain, partainya ya cuma satu itu, partai komunis doang. Makanya ada istilah politbiro atau komite sentral. Presiden biasanya ketua partai atau ketua komite sentral. Karir politik politikusnya berjenjang di dalam internal satu partai komunis itu saja. Tidak ada istilah seperti di Indonesia "pindah atau lompat partai".

    Sedangkan ada negara demokrasi atau tidak berideologi komunis, tapi ada partai komunisnya. Contohnya Rusia sekarang ini, setelah runtuh Uni Soviet, pecahan induk negara terbesarnya ya Rusia. Search di wikipedia ideologi Rusia udah demokrasi, sistem politik udah multipartai, tapi masih ada salah satu partainya adalah partai komunis. Tapi partai komunis ini tidak punya pengaruh besar sekarang, hanya jadi bagian romantisme masa lalu kejayaan Uni Soviet, serta hanya menjadi bagian dari salah satu dari sekian banyak partai yang ada dalam sistem politik negara Rusia.

    Fenomena partai komunis dalam negara demokrasi Juga pernah ada di Indonesia pada masa Pak Sukarno di tahun '60an, pada Era Demokrasi Terpimpin. Ada PKInya, tapi negaranya bukan secara mutlak berideologi komunis, dan adanya juga partai-partai berideologi lain. Seperti partai Masyumi yang berpaham Islam, dll. Makanya terkenal dulu itu MANIPOL USDEK (Manifesto politik / Undang-Undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia) dan NASAKOM (Nasionalis, Agama, dan Komunis).

    PKI pada masa itu mengalami perkembangan yang pesat, dan mampu menggaet massa yang banyak. Para kader PKI terinspirasi perkembangan komunisme di negara besar Uni Soviet dan China. Karakternya yang agresif, militan, dan atraktif membuat khawatir kalangan non-komunis. Komunis masih sosialis kalau belum membentuk suatu negara. PKI berpotensi merombak/ merevolusi ideologi negara. Karena berangkat dari Komunisme itu sendiri yang bisa menjadi partai maupun ideologi.

    Ditambah lagi, kondisi politik internasional yang sedang perang dingin blok barat vs timur. Tentunya mempengaruhi tensi politik dalam negeri pada masa itu. Akhirnya meletus peristiwa G30S/PKI, yang menurut saya puncak dari konflik hegemoni, kekuasaan, politik, dan ideologi.

    Kemudian di era selanjutnya, beberapa negara berideologi komunis melakukan perubahan "aneh" dalam sistem ekonomi. Tentunya karena tuntutan perubahan zaman. Diinisiasi oleh China pada tahun 1978, secara politik masih komunis, tapi sistem ekonomi udah terbuka, ikut pasar bebas, dan kapitalis. China melakukan reformasi agraria dan ekonomi menjadi sistem yang terbuka.

    Memang unik, karena udah melanggar pakem dasar komunis itu sendiri. Yang cikal bakalnya adalah Marxisme dimana intinya kepemilikan privat tidak dibolehkan, dan atau dibatasi.

    Karena Marxisme berangkat dari pemikiran pertentangan atau konflik kelas borjuis vs proletar (dalam ilmu sosiologi biasanya disebut Teori Konflik). Makanya dulu terkenal semboyan PKI "sama rata sama rasa". Karena sama-sama gak punya.. Republik Rakyat China dari berdiri dan berideologi komunis mulai tahun 1949 sampai tahun 1978, sebelum melakukan reformasi ekonomi, rakyatnya melarat minta ampun, sengsara banget..

    Di China politik saat ini masih dibatasi, masih monopartai dipegang Partai Komunis China, aspirasi masyarakat terbelenggu. Mengkritik pemerintah komunis adalah hal tabu. Tapi anehnya iklim ekonomi dan bisnis cukup dibebaskan. Intinya "Lu boleh bisnis dan usaha sekuat-kuatnya sampai jadi orang paling kaya di dunia, tapi lu ga boleh kritik pemerintah". Kalo mau berkarir politik ya bergabung sama partai komunis. Model itu juga diikuti oleh Vietnam. Jadi setengah-setengah, politik masih komunis tapi ekonomi udah kapitalis.

    Yang masih murni komunis mungkin Kuba dan atau juga Korea Utara..

    Tapi ini udah cukup membuktikan bahwa sistem ekonomi komunis tidak mampu bersaing. Karena dinamika bisnis dan ekonomi mau gak mau harus mengglobal. Karena butuh jual dan beli dengan negara lain. Salah satu faktor kesejahteraan dan kemajuan suatu negara adalah bagaimana hubungannya dengan dinamika ekonomi dan bisnis global.

    Selain itu, ekonomi komunis Justru malah menyengsarakan rakyat. Karena rakyat dibatasi dalam berusaha mensejahterakan diri sendiri. Selain itu adanya kontrol ketat negara kalau ada individu rakyat sipil yang menumpuk kekayaan secara pribadi. Bahkan kepemilikan lahan atau tanah secara pribadi pun dibatasi dan atau tidak dibolehkan.

    Lahan dalam ideologi komunis adalah milik bersama, walau prakteknya dikuasai negara, dan diselewengkan oleh elite Birokrat dan oknum Partai Komunis. Selain itu kalangan politikus partai komunis dan birokrat, yang wewenangnya luas dan terlalu berkuasa malah berpotensi korupsi. Jadinya justru Komunis berkembang menjadi Otoritarianisme.

    Pertanyaannya, apakah mungkin PKI atau komunisme muncul lagi di Indonesia?

    Bisa, tapi Kemungkinannya sangat kecil sekali.

    Pertama, Karena sistem ekonomi komunis sudah kalah secara global dan terbukti tidak mampu mensejahterakan jika tidak di'mixing' dengan kapitalisme, negara2 komunis murni masuk kategori tertinggal. Di dunia rata-rata negara miskin adalah yang berpaham komunis murni, dengan sistem ekonomi komando dan tertutup.

    Kedua, komunisme lebih rentan penyelewengan kekuasaan dan korupsi para elite nya.

    Ketiga, Indonesia sangat majemuk dan terbuka dalam pengungkapan aspirasi-ekspresi. Rezim Komunis dapat berpotensi pada pengekangan aspirasi, rakyat indonesia tentunya akan keras menentangnya.

    Keempat, peristiwa G30SPKI amat membekas, dan pasca kejadian itu, orba cukup efektif dalam mematikan komunisme diindonesia dan dirasakan sampai sekarang dimana ideologi anti-komunisme sangat kuat di Indonesia.

    Kelima, indonesia cukup religius, dan kalangan agamawan atau puritan di Indonesia juga sangat anti terhadap komunisme.

    Keenam, perang dingin sudah usai, tensi politik internasional sudah beralih ke isu yang lain. Komunisme dianggap sudah basi dan ketinggalan zaman.

    Ketujuh, sistem dan pondasi negara Indonesia saat ini, cukup kuat untuk menghalau komunisme, kalaupun ada ancaman negara ancaman zaman sekarang bukan dari komunisme.

    Kedelapan, label komunis dan PKI sangat hitam dan kelam di Indonesia. Sebagian masyarakat awam Indonesia masih takut dan akan sebisa mungkin menjauh dari segala hal berbau label PKI dan komunisme.

    Reply

  2. Dulu waktu Pemerintahan Presiden
    Vladimir lenin Semua warga Muslim di rusia atau Imigran beragama muslim boleh membangun masjid di USSR
    Tapi pada Saat pemerintahan Josef Stalin Semua masjid dihancurkan Kemudian diganti Gudang2 Senjata Dan semua warga muslim Diusir dari USSR

    Ini yang gw bingungin itu kenapa si om stalin ini Orangnya Kok anti muslim Tolong pencerahan Nya Dong kalo bisa jawab

    Reply

  3. Kanapa timor timor kemaren tidak termasuk NKRI yang katanya harga mati???? Sharusnya kalu hrga mati mesti dperjuangkan mati matian dong..

    Reply

  4. Tdk ada yg salah dgn sistem,yg menjalankan sistem itu sendiri yg terkadang ceroboh dlm mnjalankannya,atau trlalu berambisi

    Reply

  5. Tahun kurang lebih 1974 Indonesia menginvasi timor2 krn dukungan barat, tahun 1999 timor2 ingin merdeka krn dukungan barat juga.. sesuai perjanjian kmb wilayah Indonesia adalah bekas jajahan belanda, tanpa ada wilayah timor2.. Alhamdulillah, smpe sekarang wilayah indonesia masih utuh, n kita sebagai anak bangsa wajib mempertahankan tanah air kita..trima kasih

    Reply

  6. Naah ini konten sejarah yang berdasarkan fakta bukan dr cocoklogi kyk tetangga dmn ujung ujungnya pasti yang salah amrik am yahudi dkk 😑

    Reply

  7. Kalsu timor timur beda….. dan itu keputusan yg tepat….. dari segi ekonomi sumber daya daerahnya tdk sebanding dg anggarsn negara…. sbg contoh 1/3 apbn diperuntukkan unt timtim, 2/3 unt 26 propinsi……. penghasilan daerah…. nol besar….

    Reply

  8. Siapapun dia apapun kesalahanya, selama dia tidak berniat buruk, maka pantas untuknya merasa bersalah

    Reply

  9. Goblok yang pada komen dan membela pki kenapa PKI DILARANG DIINDONESIA sebab PKI udah berkhianat kepada NKRI mereka membantai ulama santri serta 9jendral revolusi bahkan PKI dengan terang2gan membantai islam makannya baca sejarah itu jangan sepotong2 tolol berpendidikan tapi tolol

    Reply

  10. mungkin maksud nya gorbachev dia ingin seperti CINA, berideologi kapitalis (utk ekonomi) & komunis (utk parlementer)
    melakukan apa yg dilakukan V.Lenin

    Reply

  11. kalau enggak ingin indonesia seperti uni soviet, berikan perlakuan yang sama pada setiap daerah…jangan hanya pulau jawa saja yang mendapat perhatian lebih.

    Reply

  12. Tadinya Aku tuang air mineral ke gelas lalu lupa diminum karena asik nonton video ini. Pas video nya selesai baru inget mau minum.. Lohhh kok jadi vodka !?

    Reply

  13. Wait kalo gitu Parabowo komunis bwrsama amien rais dan amies Baswedan karena prestasinya sama sperti uni Soviet!!!!???? Tp namanya juga maling teriak maling ! Ya gk?????!

    Reply

  14. Selamat anda jelas membuka bangsa Papua untuk merdeka bila tidak km makan perkataan mu sendiri!

    Reply

  15. Min bahas al andalus (spanyol masa islam) dan keemasan islam di eropa dong sekali2 gitu. Kan kejayaan islam di Spanyol juga berpengaruh ke Hampir seluruh eropa 🙏🙏

    Reply

  16. 1:29 Faktanya Yuri Gagarin TIDAK pernah mengatakan "Aku tidak melihat tuhan disana" dan itu murni propaganda negaranya.

    Reply

  17. Keputusan yang salah.
    Orang Rusia yang dulu pernah merasakan kemakmuran zaman uni Soviet sangat menyayangkan keputusan ini.
    Sampai saat ini, mereka masih dibayangi oleh kesejahteraan di masa itu. Saya melihat kenyataan ini di video Bald & bankrupt.
    Setiap orang yg ditanya di sana, pasti bilang lebih enak saat zaman uni Soviet.
    Gorbachev ga melihat dari sisi kemakmuran rakyat, hanya bisa membandingkan negara sendiri dengan negara lain.
    Kompetisi ga penting.
    Sia-sia perjuangan para pendahulu uni Soviet.

    Reply

  18. "If you forget the Soviet Union, you are not a True Russian. But if you want it back, you didn't have a brain."

    – Vladimir Putin.

    Edit:
    Kena deh di intro.

    Reply

  19. 11:37
    Sesuai UUD Negara RI 1945
    bahwasanya sudah betul pak presiden B J Habibi sudah melakukannya sesuai dengan UUD 1945.

    Berarti Aceh dan Papua ingin pisah dari Indonesia boleh aja dong, karna sesua UUD 1945 penjajahan diatas dunia harus dihapuskan.

    Bagaimana menurut mu min ??

    Reply

  20. Rasain lu soviet sekarang Dh runtuh , Wajar aja kami para Nazi menginvasi negeri mu karena paham komunismu itu jahat,dan sekarang kalian udah ngerasai bagaimana rasanya jdi komunis , si josep stanlin yng tega ngabisin warga nya sendiri sungguh sangat kejam, dasar yahudi bngsad

    Reply

  21. Yang saya lihat di Leningrad (sekarang St Petersburgh),masa era Uni Soviet,semua orang mempunyai rumah,mempunyai pekerjaan,sekolah murah dan setiap orang bisa menjalani,terlihat sangat manusiawi,hidup sederhana. Tetapi semua itu karena subsidi,mangkanya Gorbachev melontarkan Glasnost dan Perestroika (Keterbukaan dan Restrukturisasi),dan malah sistem ambruk,Uni Soviet bubar karena kurang mendetail. Berbeda dengan Deng Xiao Peng yg berprinsip biar kucing berwarna merah,kuning,hitam yg penting bisa menangkap tikus. Dan hasilnya China me jadi pesaing Amerika Serikat sekaran. SosKa= Sosialis Kapitalis dijalankan

    Reply

  22. lebih milih ideologi islam… ideologi yang 'wathan'… dipertengahan antara kapitalis dan komunis

    Reply

  23. Video bagus mendidik, menjawab dengan memberi kita gambaran dan menghidupkan pertanyaan kritis dalam pikiran penonton terutama saya pribadi

    Reply

  24. Uni Soviet 74 Tahun Berdiri Setelah itu runtuh ☭

    Sekarang Indonesia Sudah Berdiri 74 Tahun Bagaimana Masa Depan Indonesia🇮🇩

    Reply

  25. Buktinya skrg, rusia selangkah lebih maju dari uni sovie. Tapi lain hal nya dgn +62 yg makin lama, makin jauh tertinggal dari negara manapun. Menyedihkan

    Reply

  26. kalo kemerdekaan adalah hak segala bangsa.kenapa papua,aceh dan juga maluku tidak tidak diadakan referendum seperti halnya timor timur?
    mav bukan menjelekan alm pak habibie,tapi saya rasa memang ini kegagalan pak habibie pada masa itu.

    Reply

  27. Dia tetap pahlawan yg mengajarkan Perdamaian, kebebasan berpikir dan memajukan Bangsa dengan menawarkan demokrasi sesungguhnya bagi bangsa Nya

    Reply

  28. Kondisi Indonesia yang semakin buruk dan terbelakang memerlukan tindakan dari pemimpin spt Gorbachev. Lihat saja saat ini biaya hidup rakyat semakin mahal. BBM, Listrik, dan BPJS meroket. Belum lagi Korupsi terjadi dimana2, KPK diperlemah, bahkan partai terkorup pun berkuasa melalui 'petugas partai' nya. Satu2nya cara menyelamatkan rakyat demi kemakmuran maka Indonesia harus rela menyelenggarakan jajak pendapat scr demokratis di tiap2 propinsi. Sehingga rakyat masing2 propinsi dapat menentukan nasibnya sendiri, apakah ingin merdeka atau tetap gabung dgn negara bobrok dan korup ini. Insya Allah dgn merdekanya negara2 kita sesuai UUD tsb, rakyat makin makmur dan terselamatkan. Tidak ada lagi Papua yg makin melarat, mafia yang makin kebal hukum, atau demonstran yang tewas dibantai oleh 'Preman berseragam'.

    Reply

  29. gorbachev seorang revolusioner.. seorang pahlawan, lihat saja hasilny sekarang. 15 negara pecahan uni sovyet jd lebih maju.

    Reply

  30. min aku suka sama videonya …
    smoga berkah hidup mu ya min ..
    semangat bikin video yg bermanfaatnya yaa..
    aku udh sub and like 😉

    Reply

  31. Jangan rusakkan apa yang udah dibangun itu konsep penting, apa yang sudah dijalankan harus lah berjalan jika diperbaiki tidak ada yg perlu dirubah dari fisik melainkan dari dalam

    Reply

  32. min bahas dong , apa yg terjadi jika alaska tdk dijual ke amerika atau tdk dijual ke negara manapun ?

    Reply

  33. Bagi dan indinesia timor yg katanya bilang:"kemerdekaan adl hak segala bangsa"UUD.itu dimana penjajahanya.UUD 1945 harus di fahami lakok timor mengatakan "penjajahan harus di hapuskan"UUD.Indonesia tidak mejajah timor.kok bisa bilang kemerdekaan.bahkan indonesia dijajah selama 3,5 abad masih merasa terpukul.lakok mereka enak2 nya bilang kemerdekaan adp hak segala bangsa.kita menghargai jasa para pahlawan yg sudah bejuang untuk kemerdekaan.😡😡😡😡😡😡

    Reply

  34. kami orang bengkulu di jajah oleh inggris 150 tahun bahkan bahasa ingris seharian masih di pakai di tempat kami.. benteng marlboro sebagai bukti bahwa bengkulu di jajah oleh inggris..

    Reply

  35. Pemimpin adalah orang yang mengambil kebijakan yang benar bukan yang dianggap benar oleh masyarakat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *