Nyaris “MELEDAK”..!! Kapal Induk AMERIKA Ditabrak Kapal Selam Nuklir UNI SOVIET – 1984

Nyaris “MELEDAK”..!! Kapal Induk AMERIKA Ditabrak Kapal Selam Nuklir UNI SOVIET – 1984


ini adalah kisah kapal induk amerika yang ditabrak kapal selam nuklir soviet pada tahun 1984 Hanya nasib baik yang mencegah pecahnya bencana nuklir dan perang dunia akibat tabrakan antara kapal selam Soviet dan kapal induk Amerika pada tahun 1984 Tak pernah terbayang di benak para pelaut Soviet dari kapal selam nuklir K-314 bahwa kesialan akan menghampiri mereka. Pada 21 Maret 1984 kapal selam nuklir milik soviet menghantam kapal induk Amerika Serikat USS Kitty Hawk di Laut Jepang Terlepas dari kenyataan bahwa manuver seperti itu jelas tidak direncanakan oleh kapten Soviet insiden itu berpotensi memicu konsekuensi yang tidak terduga bagi masa depan kedua negara atau bahkan seluruh dunia Seandainya senjata nuklir di kedua kapal meledak, pasti itu akan menyebabkan tidak hanya bencana ekologis tetapi konflik serius antara kedua negara adidaya itu USS Kitty Hawk, yang dapat mengangkut hingga 80 pesawat juga disertai dengan 8 kapal pengawal memasuki Laut Jepang pada Maret 1984 untuk berpartisipasi dalam latihan bersama amerika dan korea selatan dengan nama sandi Team Spirit-84 posisi latihan kapal induk itu tidak jauh dari wilayah Soviet dan tidak bisa luput dari perhatian Armada Pasifik Soviet akhirnya Kapal selam nuklir K-314 soviet diperintahkan untuk membuntuti kapal induk amerika uss kitty hawk lalu Pada 14 Maret, kapal selam K-314 soviet akhirnya menemukan kapal induk amerika USS Kitty Hawk dan pengejaran pun dimulai namun kemudian Amerika segera menyadari bahwa mereka sedang diikuti dan dengan cepat kapal induk itu berusaha melepaskan diri, dari kejaran kapal selam nuklir soviet tersebut Permainan kucing-kucingan ini berlangsung selama seminggu sampai akhirnya sesuatu yang tidak terduga pun terjadi lalu pada 20 Maret, akibat cuaca buruk kapal selam soviet kehilangan jejak kapal induk USS Kitty Hawk lalu Kapal selam soviet itu naik pada kedalaman hanya 10 meter dibawah permukaan laut untuk melihat situasi menggunakan periskop kemudian Melalui periskopnya, Kapten kapal selam soviet Vladimir Evseenko terkejut mengetahui bahwa kapal induk yang mereka buru hanya berjarak 4 sampai 5 kilometer Yang lebih mengkhawatirkan lagi, kapal induk Amerika dan kapal selam soviet itu saling menuju ke arah masing-masing dengan posisi berhadap-hadapan dengan kecepatan penuh sontak Kapten kapal selam soviet memberi perintah mendadak untuk menyelam agar terhindar dari tabrakan, namun terlambat akhirnya kapal selam nuklir soviet dan kapal induk amerika USS Kitty Hawk pun saling menghantam “Awalnya kapten kapal selam soviet mengira, tabrakan itu telah menghancurkan menara komando dan membelah kapal selam,” “lalu dia segera memeriksa periskop dan antena namun tidak teradi kerusakan awak lain juga melaporkan Tidak ada kebocoran, dan mekanismenya tetap baik Lalu mendadak tiba tiba ada hantaman lain Di sisi kanan kapal selam dan mereka memeriksanya lagi, mereka berusaha mencari tahu apa yang terjadi Ternyata, tabrakan pertama adalah ketika kapal induk menabrak kapal selam Sedangkan yang kedua adalah hantaman baling-baling kapal induknya hantaman Yang pertama, kemungkinan besar telah membengkokkan stabilator kapal selam ujar vladimir evsenko kemudian Tidak ada pilihan bagi kapal selam nuklir Soviet itu selain naik ke permukaan dan menampakkan diri kepada Amerika sementara pelaut Soviet juga menunggu kapal derek darurat saat muncul ke permukaan, alhasil kapal selam nuklir soviet menerima tamu yang terbang yaitu beberapa jet tempur Amerika yang lepas landas dari USS Kitty Hawk dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memeriksa kapal selam nuklir Soviet itu dari udara lalu komandan kapal induk amerika, kapten David N. Rogers segera memerintahkan meluncurkan 2 helikopter untuk melihat, apakah kami bisa memberikan bantuan kepada mereka tetapi kapal selam Soviet itu tampak tidak mengalami kerusakan parah ujar kapten kapal USS kitty hawk akibat tabrakan tersebut, baling-baling kapal selam nuklir Soviet rusak berat Sedangkan kapal induk Amerika memiliki lubang besar di haluannya dan menyebabkan ribuan liter cadangan bahan bakar jet bocor ke laut namun ajaibnya itu tidak terbakar dan meledak Untungnya lagi, senjata nuklir di kedua kapal itu juga tidak meledak akhirnya Kapal induk amerika itu, harus mengakhiri latihan Tim Spirit nya dengan korea selatan dan perlahan-lahan menuju ke pelabuhan Yokosuka dijepang, untuk segera diperbaiki. setelah kejadian itu, kapal selam nuklir soviet pun ditarik ke pangkalan angkatan laut Soviet terdekat dengan pengawalan kapal Amerika meski tak sampai tujuan kemudian pasca insiden tabrakan tersebut Amerika menyalahkan kapten kapal selam nuklir Soviet atas kejadian itu dan anehnya komando Angkatan Laut Soviet pun juga setuju bahwa kapten Vladimir Evseenko bersalah dan diskors dari jabatan kapten kapal selam sehingga melanjutkan dinasnya di darat tapi vladimir Evseenko tidak setuju atas keputusan itu karena dia menilai insiden itu tidak menyebabkan korban jiwa atau kapal selam itu sendiri “Semua orang beruntung, Kami tidak tenggelam, dan tidak ada yang terbakar “Kami bahkan berhasil menendang ‘musuh’ untuk waktu yang lama, ujar vladimir evseenko sudah menjadi rahasia umum bahwa amerika dan uni soviet pernah terlibat perang dingin namun dibalik ketegangan atas insiden tabrakan ini yang bisa saja menjadi konflik besar akhirnya peristiwa ini menjadi kisah yang menarik untuk di ceritakan lagi karena para kru di kedua kapal itu pun, memang sama sama kaget dan tidak menyangka akan terjadi tabrakan beruntung tak ada korban jiwa di kedua belah pihak dan pada akhirnya, kisah ini pastinya akan selalu di ingat oleh kedua kapten kapal itu.

48 Comments on "Nyaris “MELEDAK”..!! Kapal Induk AMERIKA Ditabrak Kapal Selam Nuklir UNI SOVIET – 1984"


  1. Teks Subtitle sudah tersedia bagi yang berkebutuhan khusus, di klik saja logo CC nya bila teks belum muncul.

    Reply

  2. Kapten Kapal induk:"Bro ni kapal selamnya kok ilang ya,sonarnya berfungsi kgk."
    Teknisi:"au ah gelap"
    Kapten kapal selam:"ni bocah kok ngilang lagi,gw pake periskop ah.Eh kok langitnya ketutup sama besi yang besar ya,coba gw zoomout.Oh kapal induk toh,eh kapal induk.
    Duerrrrr
    Kapten Kapal induk:minum kopi sambil pake teropong pas tabrakan ke1"huh hampir aja ,baju gw bisa basah tadi"
    Tabrakan ke 2 "eh lah buset ,basah baju gw ,mana kopinya blom sampe lidah lagi.ni siapa sih yg kita tabrak?terumbu karang?kalo iya gw pecat lu,masang sonar kok gak bener"
    Teknisi:"ampun pak itu bukan terumbu karang,itu kapal selam"
    Kapten kapal induk:"Nani?"
    Teknisi:"itu bahasa apaan si cap?"
    Kapten kapal induk:"udah jangan banyak ba*ot sana kasih tau buat kirim beberapa jet dan 2 heli buat mantau situasi"
    Teknisi:"kan sy teknisi bukan perwira,jelas2 disamping bpk ada radio kok gak dipake"
    Kapten kapal induk:"kamu diam"

    Reply

  3. Kapal selam , loh ikan paus kok lu tabrak , bukan kap ! Itu dinding kapal Nuh ! Kapal induk itu kura2 raksasa kok ngalangin , ya kap modelnya kaya ikan paus . Semua pada ngorok itu anak kapal . Siapa yang pantau office boy he..he.. silap pak .

    Reply

  4. pantesan klo gw liat video tentang kapal induk, komentar orang luar negeri banyak yg bilang peristiwa US aircraft carrier collided with soviet submarine in 1984, bikin gw bingung mereka lg ngomong apa..
    ternyata begini kronologisnya toh, jd paham gw apa yg mereka omongin maklum gw bukan kelahiran 1984 hehe.. mantap infonya min, anti mainstream yang jarang di angkat para yucuber hehe

    Reply

  5. KAYAK CERNOBIL ITU,JEPANG ngeri berbahaya mending teknologi ramah lingkungan,berunding,kerjasama ekonomi.

    Reply

  6. Insident terjadi ini baru benar2 latihan perang ,kalau latihan kan terstruktur dan terencana,begitu terjadi disaat insident yang tak terduga ,bagaimana kedua belah pihak saling mengambil sikap & mengatasi keadaan darurat sesungguhnya yang diluar rencana.

    Reply

  7. Apa video awak nak tengok saya pun bolih buat. Video seperti sampan tongkan membedil sebuah kapal induk rusia, amerika, uk, china, india sehingga jadi abok ?. Senang sja, dgn ada videomaker software dan special effect, ambil satu clip movie , buat ubah suai dan terus dapat video baru.

    Reply

  8. Ne kapal induk n kapal selam nuklir tak punya radar/sonar kah kok sm2 ga tau keberadaan lawannya,pastinya kan kapal mereka d lengkapi peratan perang yg lengkap dan canggih lagi pula kedua kapal ini pasti harganya mahal (yg satu induk yg satu nuklir) rugi lah klo tak d lengkapi alat perang mutakhir

    Reply

  9. USA vs CCCP…dua negara pemenang perang dunia 2, dalam aturan perang yang sebenarnya …negara yang (menyerah)kalah perang ,maka negaranya akan di rampas (koloni) kaum lelakinya akan di perbudak serta kaum wanitanya di jadikan budak sex(di perkosa bergiliran), dan aturan itu benar2 di jalankan oleh uni soviet ketikan mengalah Nazi Jerman pada PD 2, akan tetapi aturan (sejak jaman purba) itu tidak di lakukan USA pada jepang ketika jepang menyerah pada PD 2, JADI SALUT BUAT NEGERI PAMAN SAM ,jepang malah di jadikan kongsi dagang yg saling menguntungkan sehingga jepang jd negara maju secara ekonomi πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    Reply

  10. Mungkin sonar kedua kapal itu lg error..atau para nahkodanya asyik main mobile legend…😁😁😁

    Reply

  11. Yang menjadi pertanyaan saya : Bukankah di masing2 kapal sdh memakai Navigasi yg canggih? Termasuk detektor sonar. Jarak musuh dpt diketahui walau masih jauh. Apa sebenarnya yg tetjadi?

    Reply

  12. Setelah di terawang oleh Mbah Mijan, ternyata…oh ternyata… kedua kapal tsb lupa menyalakan Sonar Detector. Sangat ironis dan aneh menurut Mbah Mijan, dlm situasi latihan perang kok navigasi tdk ready to use. Ini situasi siaga penuh. Sampai Mbah Mijan harus turun tangan sendiri untuk menerawangnya. Salut Mbah [email protected]

    Reply

  13. Bro yg ditakutkan meledak itu senjata nuklirnya atau bahan bakar nuklirnya????

    Reply

  14. Untuk yg bertanya kenapa bisa tabrakan ? Kenapa sonarnya gak berfungsi ? Teknologi yg jelek ? Bla bla…. Kapal Selam itu mengikuti kapal Induk setelah itu keadaan cuaca buruk dan mereka kehilangan jejak kapal Induk. Setelah beberapa saat sang kapten kapal selam nyuruh naik sampe ke 10 meter dibawah permukaan laut utk menggunakan periskop buat nyari/lihat2 keadaan sekitar.. eh tau2nya dalam jarak beberapa KM mereka berdua saling dalam posisi berhadapan dan sulit melakukan manuver menghindar.. udah gitu aja

    Reply

  15. Ngeri guys sama2 punya senjata nuklir… untung saja tidak meledak kalau meledak juga pasti menjadi bencana terbesar dalam sejarah peperangan dunia

    Reply

  16. Tidak ada yg sempurna didunia ini, kezempurnaan hanya milik Allah SWT. Ini bukti negara yg super canggih dng radar2nya nyatanya masih terjadi miss

    Reply

  17. Kalau gk di skros kapten Soviet ??? AS pasti gk puas dan menduga lain… bisa memicu konfortasi di pasifik !
    Krn wilayah insiden di lautan lepas !

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *